Diberdayakan oleh Blogger.

Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Share artikel :



Advertisement


(c) shutterstock
 Dalam beberapa tahun terakhir, kolesterol menjadi momok yang menakutkan. Kolesterol dianggap sebagai si jahat yang menyebabkan masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke dan kematian. Seseorang sering merasa cemas jika tingkat kolesterol jahat dalam darah cukup tinggi.
Untuk menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah, Anda harus tahu apa saja penyebab kolesterol tinggi, dilansir dari situs Health.com.
1. Pola Makan
Apa yang Anda makan, itulah tubuh Anda. Mau tidak mau, pola makan adalah salah satu penyebab kenaikan level kolesterol. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat antara lain, daging merah, otak, seafood, susu hewani, kuning telur, mentega, keju, minyak kelapa sawit. Semua makanan ini bukan berarti harus dihindari, tetapi harus dikonsumsi secukupnya.
Sementara itu makanan yang harus Anda waspadai karena mengandung kolesterol tinggi antara lain margarin, kue kering, cookies, keripik, dan camilan ringan lainnya.
2. Perut Buncit
Perut buncit tidak hanya menjadi sinyal bahwa penampilan Anda harus diperbaiki, karena perut buncit dan berat badan berlebih akan meningkatkan level triglycerides (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Memiliki berat badan ideal dan perut rata adalah salah satu kunci sehat.
3. Aktivitas Harian
Malas-malasan, tidur, seharian di depan televisi atau komputer akan menaikkan level LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Perbanyak aktivitas fisik, setidaknya jalan kaki di pagi hari atau berenang.
4. Usia dan Jenis Kelamin
Saat usia seseorang masuk di angka 20 tahun, secara alami level kolesterol akan mulai naik sedikit demi sedikit (karena itu harus Anda jaga). Pada pria, jika pola hidup baik, maka kolesterol akan mulai stabil di usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kolesterol cenderung stabil hingga menopause. Setelah menopause, level kolesterol bisa meningkat sebanyak pria.
5. Jarang Cek Kesehatan
Usia muda bukan alasan untuk melewatkan berbagai medical check. Untuk melihat apakah kolesterol Anda stabil atau ada kemungkinan berpotensi mengalami kenaikan kolesterol, lakukan medical check rutin.
6. Riwayat Keluarga
Jika keluarga memiliki kolesterol tinggi, ada kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama. Maka seringlah menanyakan riwayat kesehatan keluarga kandung Anda. Dengan demikian, Anda dapat melakukan upaya untuk menstabilkan kolesterol jahat.
7. Kebiasaan Merokok
Anda pasti sudah cukup pintar untuk mengerti bahaya merokok. Merokok akan menurunkan kadar kolesterol baik, sehingga kolesterol jahat akan meningkat. Masih mau merokok?
Itulah beberapa fakta tentang penyebab kenaikan kolesterol atau kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.
Judul: Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi
Rating: 100% based on 999999 ratings. 99 user reviews.
Ditulis Oleh ConnectPlus
Habis Baca jangan lupa Jempolnya...thanks..

Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi dan anda bisa menemukan artikel Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi ini dengan url http://inforinaldi.blogspot.com/2013/07/waspada-7-penyebab-kolesterol-tinggi.html, dan Terimakasih Sudah Membaca Artikel Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Semoga Uraian dan Pembahasan Tentang Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi Bermanfaat Buat Sobat Semua.
Diposting oleh — Rabu, 31 Juli 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Waspada 7 Penyebab Kolesterol Tinggi"

Tambahkan komentar anda :

Ingin mendapatkan backlink gratis dari blog ini? silahkan berkomentar.
kami akan memodirasi komentar anda terlebih dahulu, jika komentar sopan akan kami terbitkan